STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS ALFAMIDI KOTA JAYAPURA DALAM MENINGKATKAN CITRA MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

Authors

  • Masni Sanmas Universitas Muhammadiyah Papua
  • Maria Rika Pakage Universitas Muhammadiyah Papua
  • Annisa gita Sungga Dirgantari Universitas Muhammadiyah Papua

DOI:

https://doi.org/10.59050/jkk.v11i2.269

Keywords:

CorporateSosial Responsibility, Corporate Communications, Alfamidi, Citra

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi sangat berperan besar dalam daya saing bisnis di era globalisasi. Untuk mampu bersaing di tengah-tengah persaingan di era global ini, sangat dibutuhkan kemampuan komunikasi korporat yang efektif, hal ini mencakup beberapa elemen penting di antaranya; Kemampuan dalam mengelola pesan, pemanfaatan media komunikasi yang sesuai, kemampuan dalam memahami audiensnya serta mampu menyesuaikan diri dengan dinamika pasar. Alfamidi yang merupakan anak cabang PT Midi Utama Indonesia Tbk kota Jayapura yang berkoontribusi langsung dalam pembangunan perekonomian mikro juga menjalankan amanah dalam undang-undang No. 40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas (UUPT), Pasal 74 tentang kewajiban Tanggung Jawab Sosial bagi Perseroan Terbatas (PT). Ini merupakan upaya dari perusahaan dalam menjaga citra baik di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi Corporate Communications Alfamidi kota Jayapura dalam meningkatkan citra melalui program Corporate SocialResponsibility (Csr). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan wawancara secara online by WhatsApp dan Email. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanaan kegiatan  tanggung jawab   sosial  yangdilakukan   oleh Corporate Communications Alfamidi adalah bentuk rasa kepedulian perusahaan terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan kota jayapura. Kehadiran Alfamidi di kota jaya pura yang sudah berjalan selama 3 tahun ini, telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility terhadap masyarakat kota jayapura, yakni pada bidang pendidikan, bidang sosial, bidang ekonomi, Pendidikan dan lingkungan.

 

Kata  kunci  :  Corporate Sosial Responsibility, Corporate Communications, Alfamidi, Citra

 

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Sanmas, M., Pakage, M. R., & Sungga Dirgantari, A. gita. (2024). STRATEGI CORPORATE COMMUNICATIONS ALFAMIDI KOTA JAYAPURA DALAM MENINGKATKAN CITRA MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 11(2), 9–20. https://doi.org/10.59050/jkk.v11i2.269