KINERJA KEPALA DESA DALAM MERESPON ASPIRASI MASYARAKAT DI DESA PEKAT KECAMATAN PEKAT KABUPATEN DOMPU
DOI:
https://doi.org/10.59050/jian.v17i1.70Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kepala desa dalam merespon aspirasi masyarakat di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan untuk mengetahui respon kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat di desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat di tinjau dari segi; Produktivitas, Kualitas Pelayan, Responsibilitas, dan Akuntabilitas, Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dinilai sudah Cukup Baik, Respon Kepala Desa Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat Di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu ditinjau dari segi; Aspirasi Melalui Musrenbang, Aspirasi oleh BPD, Dan Penyerapan Aspirasi Langsung Oleh Kepala Desa dinilai Cukup Baik.
References
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Hasibuan, H. Malayu SP, (2007). Manajemen sumber daya Manusia. Jakarta:Cetakan 9. PT. Bumi Aksara
Kunnica Fatku Rohmah(2013)Implementasi Tugas Dan Fungsi Kepala
Desa.Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Mangkunegara, Prabu (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung; PT.Rafika Aditama.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Cetakan Pertama, UI-Press, Jakarta.
Muhamad Zuhriansyah, 2013. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume II Edisi 2. https://media.neliti.com/media/publications/100765-ID- penyerapan-aspirasi-masyarakat-dalam-ang.pdf. (Diakses 22 Juli 2020)
Moleong, Lexy J., 1999, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, KBBI, Jakarta : Balai Pustaka, 2007.
Rivai, Veithzal. (2004), Manajemen Sumber Daya Untuk Perusahaan, Jakarta; PT.
Raja Gravindo Persada.
Sinambela, Lijian Poltak.2012, Kinerja Pegawai Teori Pengukuran Dan Implikasi.
Yogyakarta Graha Ilmu.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Usman, A. (2008). Mari Belajar Meneliti. Yogyakarta: Genta Press.
Adi Wiliansyah(2017).Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala desa dalam melaksanakan tugas pemerintahan di desa doridunggaKecamatan donggo Kabupaten Dompu. Bima: STISIP MBOJO-BIMA.
Refli Pusida (2017)Partisipasi politik masyarakat dalam perencanaan Pembangunan (Suatu Studi di Desa Kuma Selatan Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud)
Soerjono Soekanto, S.H, M.A, Kamus Ssosiologi Edisi Baru, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sri Arinah (2017). Perencanaan pembangunan desa Di desa risa kecamatan woha
Kabupaten Dompu. Bima: STISIP.
Yulianto, Taufik (2015). Kinerja Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa
Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalan.Semarang : UNES.
Peraturan Pemerintah No.72/2005 tentang Desa
Permendagri No. 66 Tahun 2007 TentangPerencanaan Pembangunan Desa.
Surat Edaran Bersama Mentri dalam Negri PPN/Kepala Bappenas dan Mendagri Nomor 008/M.PPN/01/2007 dan Nomor 050/264A/SJ tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2007
Undang-Unadng Nomor 32 Tahun 2004tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/2014 tentang Desa
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004tentang Sistem Perencanaan Pembangunan
Nasional (SPPN ).