PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP PERILAKU PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024 DI KOTA MATARAM

Authors

  • Jihadul Islami Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ilham Zitri Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.223

Abstract

Di dalam demokrasi media merupakan sesuatu yang tidak bisa dielakan. Media merupakan agen penting dalam komunikasi dan sosialisasi politik, yang dapat mempengaruhi sikap politik seseorang. Media tentunya dapat memberikan pengaruh terhadap sikap memilih pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti pemilihan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media terhadap perilaku memilih pemilih pemula pada pemilu kota mataram pada tahun 2024. Pendekatan teori yang digunakan adalah teori uses an gratifications dalam teori komunikasi politik dan teori perilaku memilih. Metode yang digunakan adalah metode Kuantitatif dan Metode analisis data dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas dan Uji Hipotesis. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu pemilih pemula yang merupakan  DPT di Kota Mataram yang tersebar pada 8 kecamatan. Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan penelitian yang dilakukan bahwa tidak terdapatnya pengaruh dari media terhadap perilaku memlih pada pemilih pemula pemilu di kota mataram dengan variabel  Pengamatan, Penilaian, dan Penggunaan Informasi untuk Referensi.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Islami, J., & Ilham Zitri. (2023). PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP PERILAKU PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024 DI KOTA MATARAM. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 10(1), 93–109. https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.223