ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI APLIKASI WHATSAPP GROUP ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BIMA

Authors

  • Fikhratul Fikhratul Universitas mbojo bima
  • Rahmi UNIVERSITAS MBOJO BIMA
  • Ariani Rosadi UNIVERSITAS MBOJO BIMA

DOI:

https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis komunikasi interpersonal melalui aplikasi Whatsapp Group antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Bima dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori efektivitas komunikasi interpersonal yang dikemukakan oleh Devito (1997). Komunikasi interpersonal dinilai berdasarkan 5 dimensi umum yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan efektif bila hanya melalui media Whatsapp Group tanpa menggunakan metode penyampaian materi secara langsung. Hal ini dibuktikan dengan siswa dan guru yang masih mengalami banyak kendala pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berbagai kendala yang dialami pada saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui media Whatsapp Group yaitu tingkat keterbukaan yang kecil dari siswa, empati yang sulit untuk ditunjukkan baik oleh siswa maupun guru, sikap dukungan yang terbangun tidak sekuat pada saat pembelajaran dilakukan dengan pertemuan langsung di kelas, sikap yang ditunjukkan sebagian besar siswa berlaku sebaliknya dengan apa yang diharapkan oleh guru, serta perbedaan kesetaraan makna materi pembelajaran bagi siswa dan guru.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Fikhratul, F., Rahmi, & Ariani Rosadi. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI APLIKASI WHATSAPP GROUP ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 KOTA BIMA. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 10(1), 56–60. https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.185

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>