PROGRAM COMMAND CENTER DAN PENGADUAN ONLINE SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI KOMINFO KOTA BIMA.
DOI:
https://doi.org/10.59050/jkk.v10i1.189Keywords:
Strategi Komunikasi, Command Center, Kominfo Kota BimaAbstract
Penelitian ini membahas Command Center dan Pengaduan Online Kominfo Kota Bima. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian secara kualitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, model data (data display), Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu Strategi Komunikasi yang dilakukan oleh Kominfo Kota Bima yaitu dengan melakukan perbaikan kualitas pelayanan dengan cara mensosialisasi kepada masyarakat mengenai layanan program command center. Bentuk upaya sosialisasi yang dilakukan yaitu, antara lain disampaikan melalui media sosial, baliho, stiker dan lain sebagainya.. Bentuk upaya sosialisasi layanan kepada masyarakat juga dengan adanya sosialisasi yang dilakukan sampai saat ini diharapkan seluruh lapisan masyarakat memahami dengan benar. Layanan ini sehingga pemanfaatan layanan untuk masyarakat dapat berjalan secara optimal. Dengan dihadirkan layanan online yang bernama Saninu (Siaga Responsif Dan Pelayanan Umum) aplikasi ini merupakan salah satu sarana pengaduan dan pengaduan masyarakat berbasis online yang berprinsip mudah, terpadu dan tuntas untuk pengawasan program pembangunan dan layanan public kepada pemerintah. Diharapkan aplikasi dari program command center ini bisa sangat membantu masyarakat dalam keadaan darurat.